Kamis, 15 Juli 2010

Senyum Monalisa dan kamar yang bersih dan rapi

VIVAnews - Senyuman Mona Lisa pada masterpiece lukisan milik Leonardo da Vinci dinilai hanyalah sebuah trik. Menurut analisa seorang ahli neurologi asal Austria, pipi Monalisa nampak bergeser. Namun, sebetulnya senyuman Sang Nona itu hanya sebuah trik dan tergantung di mana seseorang memfokuskan pandangannya. "Jika Anda tatap matanya, seakan-akan muncul senyuman kecil di bibir Mona Lisa," kata Profesor Florian Hutzler, yang dikutip VIVAnews dari Telegraph, Selasa 16 Maret 2010. "Tetapi, sejatinya jika Anda memperhatikan bibirnya, senyuman itu menghilang." Lebih lanjut, profesor yang juga ahli psikologi di Pusat Penelitian Neurocognitive di Salzburg ini mengatakan, Leonardo da Vinci memiliki teknik yang luar biasa pintar untuk mengelabui penikmatnya. Ketika dilihat secara langsung, shading (pembuatan bayangan) lembut di sekitar mulut membuat ekspresinya netral. Tapi, jika tepi mulutnya diperhatikan, sapuan kuas yang sama memberi kesan senyum halus. "Di mulut Mona Lisa, ada senyum tersembunyi," kata Hutzler. "Ketika Anda melihat langsung mulutnya, Anda melihat detail halus, tak ada senyum dan hanya ada ekspresi netral," imbuhnya. "Ekspresi Mona Lisa akan berubah sesuai sudut pandang Anda. Senyum atau datar, itu tergantung dari mana Anda melihat wajahnya," ucap Hutzler. Sementara itu, menurut studi baru yang dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science, Leonardo mampu menyuguhkan ilusi menggunakan teknik "sfumato", yakni teknik di mana sapuan cat berlapis dan menimpa lapisan-lapisan cat lainnya untuk menciptakan shading yang halus. Menanggapi tulisan di jurnal itu, Seorang ahli psikologi di University of British Columbia bernama Profesor Stephen Porter mengatakan, studi tentang lukisan Mona Lisa memang melahirkan banyak sekali pengertian terhadap proses bagaimana melukiskan sebuah ekspresi pada wajah Mona Lisa. "Yang paling penting dari studi brilian ini adalah bahwa orang-orang yang menangkap gambarnya, dan terpengaruh olehnya, menciptakan wajah lain baru pada tingkat bawah sadar. Inilah yang dimaksud sebuah karya ilusi, " ujar Porter.

ismoko.widjaya@vivanews.com

Dunia seni rupa bagaimana pun juga bukan hanya soal membuat karya karya yang bagus bagus, lebih jauh lagi menjadi sebuah sikap seseorang dalam hidup dan berkehidupan. Mean it?? kalo di liat liat yah seniman seniman sakses, rata rata hidupnya nyentrik nyentrik a.k.a out of standing, ga biasa atawa ga normal, andy warhol idola pop art segala zaman contohnya dia gay, suka sesama alias jeruk makan jeruk hahahahahaha... dia bilang di satu wawancara kalo dia menyadari hal ini, dan dia pikir ga ada yang harus di rubah, orang lain mungkin bisa merubah sikap mereka, tidak dia.

orang orang seperti andy ini tahu bener apa yang dia lakukan , sudah berada di zona merasa nyaman dengan diri sendiri walaupun sebagian orang menghakimi dengan pendapat pendapat nya yang konyol, gue sendiri entah beruntung apa rugi udah berada di titik NYAMAN DENGAN DIRI SENDIRI, dunia senirupa mengajarkan banyak hal di diri gue, konsep hidup gue yang sederhana dengan azas the more you simply life the more happier you are, karena kebahagian letak nya ga ada di mana mana selain di diri lu sendiri, katanya manusia selalu ga pernah puas dengan apa yang di dapatnya, ga juga tuh gue puas kok dengan apa yang ada di diri gue sekarang, dengan segala keburukan yang niscaya menyelimuti manusia, lu menerima keburukan yang ada sebagaimana lu menerima kebaikan yang ada di diri lu, begitu juga dengan orang lain.

senirupa dengan konsep hidup yang ga beraturan mungkin berlaku buat orang orang yang belum mengenal diri mereka sebenarnya, mencari jati diri adalah keharusan, tapi kalo sampai terus berbuat salah bodoh juga yah????

banyak temen temen pelukis yang gue kenal hidupnya sekarang teratur, dalam arti kata gaya hidup mereka berubah, jarang begadang lagi, ng bugz nya juga cuma kadang kadang doank, demi menyambut pagi dengan rokok dan kopi dan segudang konsep untuk siang hari, what a nice living!!!!!!!!, kamar kamar mereka ga berantakan lagi, baju baju kotor tau tau udah basah nangkring di jemuran, horeeeyyy semua jadi bersih dan rapi..... hahahahahahahahaha

selamat tinggal kehidupan bohemia ala rock n roll style, ala basquiat dengan @SAMO nya yang jadul ketinggalan zaman, pollock si drunker fucker hahaha yayaya

selamat maju terus braderrrr my truly braderrr

Tidak ada komentar:

Posting Komentar